Vivo Y20i dan Y20s Mengupas Tuntas Perbedaan

- Gadget - 20 June, 2024
Vivo Y20i dan Y20s Mengupas Tuntas Perbedaan
Eka Setiawan adalah seorang copywriter dan content marketing manager yang memiliki…
76 views 11 mins 0 Comments

Vivo telah menjadi salah satu produsen smartphone yang sukses menarik perhatian konsumen di berbagai belahan dunia. Sebagai perusahaan yang selalu berinovasi, Vivo terus menghadirkan berbagai varian ponsel pintar untuk memenuhi kebutuhan pasar yang beragam. Salah satu upaya Vivo dalam memperluas pangsa pasarnya adalah dengan meluncurkan model-model ponsel yang mampu menjawab kebutuhan pengguna dari berbagai segmen, baik dari segi fungsi, desain, maupun harga.

Vivo Y20i dan Vivo Y20s adalah dua di antara model yang diluncurkan Vivo dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan anggaran dan preferensi yang berbeda. Keduanya diperkenalkan sebagai bagian dari seri Y yang dikenal dengan perangkat berharga terjangkau namun tetap memberikan spesifikasi dan fitur yang memadai. Peluncuran Vivo Y20i dan Y20s bukan hanya sebagai langkah untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar, tetapi juga untuk memberikan pilihan yang lebih variatif kepada konsumen dalam memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan mereka sehari-hari.

Persamaan Vivo Y20i dan Y20s

Vivo Y20i dan Y20s Mengupas Tuntas Perbedaan

Meski Vivo Y20i dan Y20s memiliki beberapa perbedaan dalam hal spesifikasi dan fitur, keduanya juga memiliki sejumlah kesamaan yang membuat mereka tetap menarik bagi konsumen. Pertama-tama, kedua model ini dilengkapi dengan layar berukuran 6,51 inci dengan resolusi HD+, yang memastikan tampilan visual yang jernih dan tajam untuk berbagai kebutuhan, mulai dari menonton video hingga bermain game. Layar yang besar ini juga dirancang untuk memberikan pengalaman menonton yang imersif dan nyaman.

Selain itu, baik Vivo Y20i maupun Y20s, keduanya dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh. Kapasitas baterai yang besar ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan ponsel sepanjang hari tanpa khawatir kehabisan daya. Dari segi perangkat lunak, kedua model ini menjalankan antarmuka Funtouch OS berbasis Android 10, yang menawarkan berbagai fitur menarik dan kemudahan dalam penggunaan. Antarmuka ini dirancang untuk memberikan pengalaman pengguna yang konsisten dan intuitif, dengan berbagai fitur kustomisasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Perbedaan Spesifikasi Vivo Y20i dan Y20s

Vivo Y20i dan Y20s Mengupas Tuntas Perbedaan

RAM dan Memori Internal

Salah satu perbedaan utama antara Vivo Y20i dan Y20s terletak pada kapasitas RAM dan memori internalnya. Vivo Y20i dilengkapi dengan RAM 3GB dan memori internal 64GB. Di sisi lain, Vivo Y20s menawarkan RAM 4GB atau 6GB dengan pilihan memori internal 128GB. Perbedaan ini tentu saja berdampak pada performa dan kapasitas penyimpanan data dari kedua ponsel ini. Y20s dengan RAM dan memori internal yang lebih besar mampu menjalankan aplikasi lebih lancar dan menyimpan lebih banyak data.

Kamera

Perbedaan lain yang signifikan adalah pada sektor kamera. Y20i dan Y20s sama-sama dilengkapi dengan sistem tiga kamera belakang, namun dengan spesifikasi yang berbeda. Vivo Y20i memiliki kamera utama 13MP, kamera makro 2MP, dan kamera depth sensor 2MP. Sementara itu, Vivo Y20s hadir dengan kamera utama 13MP, kamera makro 2MP, dan kamera bokeh 2MP. Meski secara angka tampak serupa, Vivo Y20s diklaim memiliki optimasi yang lebih baik dalam hal kualitas gambar dan fitur kamera tambahan.

Baterai

Kapasitas baterai pada kedua perangkat ini sama, yakni 5000mAh. Namun, Vivo Y20s memiliki keunggulan dalam hal kecepatan pengisian daya. Y20s mendukung teknologi fast charging 18W, yang memungkinkan pengisian baterai lebih cepat dibandingkan dengan Vivo Y20i yang hanya mendukung pengisian daya standar. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang sering bepergian dan membutuhkan pengisian daya yang cepat.

Desain

Secara desain, Vivo Y20i dan Y20s memiliki penampilan yang mirip dengan bodi yang ramping dan elegan. Keduanya tersedia dalam berbagai pilihan warna menarik. Namun, Y20s sedikit lebih premium dengan pilihan warna dan finishing yang memberikan kesan lebih mewah. Selain itu, Y20s juga sedikit lebih ringan dibandingkan dengan Y20i, memberikan kenyamanan ekstra saat digenggam.

Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y20i dan Y20s

Vivo Y20i dan Y20s Mengupas Tuntas Perbedaan

Kelebihan Y20i

Harga Terjangkau : Salah satu keunggulan utama Y20i adalah harganya yang lebih terjangkau, membuatnya lebih mudah diakses oleh konsumen dengan anggaran terbatas.

Desain Menarik : Meskipun lebih murah, Y20i tetap menawarkan desain yang modern dan elegan, memberikan nilai estetika yang baik.

Baterai Besar : Kapasitas baterai 5000mAh memastikan ponsel ini dapat digunakan sepanjang hari tanpa perlu sering mengisi daya.

Kekurangan Vivo Y20i

RAM dan Memori Internal Terbatas: Dengan RAM hanya 3GB dan memori internal 64GB, Vivo Y20i mungkin kurang memadai untuk pengguna yang sering multitasking atau menyimpan banyak data.

Pengisian Daya Lambat : Tidak adanya dukungan fast charging membuat pengisian daya Vivo Y20i lebih lambat dibandingkan dengan Vivo Y20s.

Kelebihan Vivo Y20s

RAM dan Memori Internal Lebih Besar : Dengan pilihan RAM 4GB atau 6GB dan memori internal 128GB, Y20s menawarkan performa yang lebih baik dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Fast Charging : Dukungan fast charging 18W memungkinkan pengisian baterai lebih cepat, sangat berguna untuk pengguna dengan mobilitas tinggi.

Desain Premium : Y20s memiliki desain yang lebih mewah dengan pilihan warna dan finishing yang lebih menarik.

Kekurangan Vivo Y20s

Harga Lebih Mahal : Harga Y20s yang lebih tinggi mungkin menjadi penghalang bagi konsumen dengan anggaran terbatas.

Bobot Lebih Ringan Bisa Menyebabkan Rasa Kurang Kokoh : Meskipun lebih ringan, bagi beberapa pengguna, hal ini mungkin memberikan kesan kurang kokoh dibandingkan dengan Y20i.

Kesimpulan

Setelah melakukan analisis mendetail mengenai Y20i dan Y20s, dapat disimpulkan bahwa pilihan antara kedua ponsel ini sangat bergantung pada kebutuhan spesifik dan anggaran yang dimiliki oleh pengguna. Masing-masing ponsel hadir dengan keunggulan dan kekurangan yang sesuai dengan segmentasi pasar yang berbeda.

Bagi konsumen yang mencari perangkat dengan harga yang lebih terjangkau, Y20i adalah pilihan yang ideal. Ponsel ini menawarkan kombinasi spesifikasi yang cukup mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari, seperti layar besar 6,51 inci beresolusi HD+, kapasitas baterai yang besar 5000mAh, serta antarmuka Funtouch OS berbasis Android 10 yang mudah digunakan. Meskipun Vivo Y20i memiliki RAM dan memori internal yang lebih kecil dibandingkan dengan Y20s, serta tidak dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat, perangkat ini tetap memberikan kinerja yang memadai untuk penggunaan dasar seperti browsing, media sosial, dan komunikasi sehari-hari. Harga yang lebih terjangkau membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen dengan anggaran terbatas yang tetap ingin mendapatkan ponsel dengan performa yang andal.

Di sisi lain, bagi konsumen yang membutuhkan performa lebih tinggi dan memiliki anggaran lebih besar, Y20s menawarkan peningkatan yang signifikan dalam beberapa aspek. Dengan pilihan RAM 4GB atau 6GB dan memori internal 128GB, Y20s mampu menjalankan aplikasi dan game dengan lebih lancar serta menyediakan ruang penyimpanan yang lebih besar untuk berbagai file dan aplikasi. Teknologi fast charging 18W yang ada pada Y20s juga menjadi nilai tambah yang signifikan, memungkinkan pengisian daya yang lebih cepat sehingga pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama saat mengisi baterai. Selain itu, desain yang lebih premium dengan pilihan warna dan finishing yang lebih elegan membuat Y20s terlihat lebih mewah dan menarik.

Kedua perangkat ini, meskipun berada dalam segmen yang sama, memberikan opsi yang berbeda sesuai dengan preferensi pengguna. Vivo Y20i cocok untuk pengguna yang lebih mengutamakan efisiensi biaya dan penggunaan dasar, sementara Vivo Y20s cocok untuk mereka yang mencari spesifikasi lebih tinggi dan fitur tambahan dengan sedikit peningkatan harga.

Dengan mengetahui perbedaan dan kelebihan masing-masing model, konsumen dapat membuat keputusan yang lebih bijak dalam memilih perangkat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Memahami spesifikasi teknis, kelebihan, dan kekurangan dari setiap model adalah langkah penting untuk memastikan bahwa pilihan

FAQ

Apakah vivo Y20s tahan debu?

Secara resmi, Y20s tidak memiliki sertifikasi ketahanan debu seperti IP6X. Artinya, ponsel ini tidak sepenuhnya terlindung dari debu.

Namun, Y20s memiliki desain yang rapat dan port yang tertutup, sehingga dapat membantu mencegah debu masuk ke dalam ponsel.

Untuk penggunaan normal, Y20s umumnya aman dari debu. Tapi, jika Anda sering berada di lingkungan dengan debu berlebih, disarankan untuk menggunakan pelindung tambahan seperti casing atau skin untuk melindungi ponsel Anda.

Apakah Y20s menggunakan GPU?

Ya, Y20s menggunakan GPU Adreno 610. GPU ini terintegrasi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 460 yang digunakan pada Y20s.

Adreno 610 cukup mumpuni untuk menjalankan game dan aplikasi grafis ringan.

Namun, jika Anda ingin bermain game berat dengan grafis tinggi, Y20s mungkin tidak ideal karena performanya yang terbatas.

Apa yang dimaksud dengan rating IP vivo Y20s [G]?

Y20s memiliki rating IP X0.

Huruf “X” pada rating IP menandakan bahwa ponsel ini tidak memiliki sertifikasi ketahanan air.

Sedangkan angka “0” menandakan bahwa ponsel ini tidak memiliki sertifikasi ketahanan debu.

Jadi, Y20s tidak tahan air maupun debu.

Apakah vivo Y20s ada Sensor gyro?

Ya, Y20s dilengkapi dengan sensor gyro. Sensor ini berfungsi untuk mendeteksi gerakan rotasi dan orientasi ponsel.

Sensor gyro ini bermanfaat untuk berbagai aplikasi, seperti bermain game, navigasi, dan virtual reality.